Thursday 19 July 2012

Aku [Belum] Merasakan Penderitaan Kelas IX

As we all might have known, aku udah naik kelas, sekarang aku udah kelas sembilan. Belajar intensif cuma sembilan bulan aka satu setengah semester. Enak? Dari waktu sih iya lebih singkat. Tapi tekanan ujian, beban nilai, tanggung jawab mengejar SMA Negeri... Blawh.

Aku masuk ke kelas IX B, ketemu lagi sama temen-temen dari VII B. Di sekolahku emang gitu, jadi kelas VII masih perkenalan kan, terus kelas VIII ntar dicampur sama anak kelas VII lainnya, nah kelas IX balik lagi sama temen-temen sekelas dulu di kelas VII. Di kelasku cuma ada satu anak baru yang pindah waktu kelas VIII, namanya Rizal. Mungkin karena dia juga masih beradaptasi ya... 38 (gak termasuk aku) anak lainnya kan udah saling kenal dari kelas VII, tapi dia baru ketemu sama kami di sini. Well, kecuali yang waktu kelas VIII-nya sekelas sama dia di kelas VIII A. Aku sama Rizki dari kelas VIII D. Yang lainnya ya macam-macam.

Selasa kemarin tuh kami belajar Matematika, B. Indonesia, IPA, dan Agama. Tapi gak kayak biasanya, tadi kami pulang jam dua belas, bukannya 12.40. Jadi Agama cuma belajar satu jam pelajaran (hore!). Demi apa deh ya guru MTK aku tuh pak Etom. Nama asli beliau sih Edi Utomo, tapi biasalah anak-anak suka nyingkat-nyingkat. Bu Kusmiati (IPS) suka dipanggil ibu Kus--di belakang orangnya tentu. Pak Asep Dadan (Agama), jadi pak SepDan, ada juga yang AsDan. Terus bu Siti Walidjah (yang udah pensiun) dipanggilnya bu SiWal. Kacau banget kan ._.

Gak bangetnya sama pak Etom adalah berbelit-belit! Modelnya sama gitu sama pak Odang. Bedanya sama pak Etom lebih ngerti lah, mungkin karena waktu kelas VII sama pak Odang tuh asli blank, tapi di kelas IX ini aku udah ada bekal lah gitu di MTK (hatur tengkyu pada pak Astimar :*). Nih ya kayak tadi ngomongin soal dua bangun datar yang sebangun. Mumpung masih awal semester, nge-compare pak Etom sama pak Astimar boleh lah, namanya juga anak SMP xD

"Jika ABCD ~ EFGH dan AB = 15 cm dan EF = 5 cm dan CD = 6 cm, maka berapakah GH?" <--versi pak Etom

"□ABCD ~ □EFGH. AB = 15 cm. EF = 5 cm. CD = 6 cm. GH = ...?" <--versi pak Astimar

Lebih awet tinta yang mana coba? -_-

Udah gitu, masa ya, waktu aku nanya ke pak Etom jawaban latihan soalku bener apa nggak, pak Etom cuma ngelirik sekilas sambil bilang, "Iya bener. Yah, liat aja ke kunci jawabannya di belakang buku, bener apa nggak."

GURU MATEMATIKA MACAM APA PULAK YANG NYURUH MURIDNYA BUAT NGELIAT KUNCI JAWABAN????????????? BISA HANCUR SILSILAH DUNIA PERSILATAN TAUUUUKK *jlegeeerr*

Pokoknya di situ aku cuma bisa terperangah dan bilang, "Oh... iya deh pak..." Asli cengok!

Terus waktu BI, gurunya bu Sri Palmi. Kalau anak-anak yang suka ke perpustakaan pasti tau bu Sri, soalnya ibu Sri suka ngurusin buku-buku perpus juga kayak bu Diah, bedanya bu Diah mah gak jadi guru mapel. Daaaaaaaaaaann waktu pelajaran Bahasa, bu Sri tuh biasalah, namanya baru pertemuan pertama (pertemuan pertama, awal aku berjumpa, jeng jeng jeng--eh salah ya?), jadi masih ngasih tau apa aja yang jadi penilaian rapor untuk Bahasa selain nilai. Yaaaah, standar laaaah: absensi, perilaku, baru kemudian nilai. Jadi ya, emang pada dasarnya perilaku dan absensi tuh lebih penting daripada nilai. Lha wong bu Isun (guru b. Inggris dan WaKel) aja udah bilang, kalau kami tuh rajin masuk dan sopan juga baik, guru-guru mah gak akan pelit ngasih nilai.

Oke, setelah 'pengenalan'nya selesai, bu Sri  nyuruh kita baca buku paket halaman sekian, isinya tuh dialog interaktif antara penyiar radio sama dua narasumber yang merupakan wirausahawan dan wirausahawati dalam bidang agrobisnis. Terus ada seorang penelepon yang bertanya (namanya juga dialog interaktif). Jadi total ada empat orang yang terlibat dalam percakapannya. Bu Sri nyuruh kami baca, dan ntar ada empat orang yang dipersilakan maju ke depan. Aku semangat dong langsung ngincer jadi penyiar. Terus akhirnya dipanggil ke depan. Bagian itu kita skip aja, salah-salah ntar aku jadi kesel lagi -_-

Intinya aku jadi penyiar tuh bacanya kecepetan, tapi menurut bu Sri udah cukup interaktip, yay!

Dan kemarin, hari Rabu, pelajarannya tuh yang pendek-pendek. PKn, SBK, IPS, TIK. Pedek kan? Gak ada yang lebih dari empat huruf :P

PKn gurunya bu Dini lagi. FYI, bu Dini itu waktu kelas delapan jadi WaKel-ku. Sampai aku naik ke kelas sembilan, buku catatan PKn punyaku tuh tetap bersih. Habis bu Dini nerangin materi lebih banyak secara lisan daripada tertulis, jadi baru mau nulis eh udah lewat ternyata ._.

Tapi kali kemarin aku nulis lho! Jadi sama bu Dini aku mengembangkan kemampuanku dalam menulis sekaligus mendengarkan. Dan gak ada yang ketinggalan. Hore, hore, hore! Terus pindah pelajaran. SBK. SBK alias SenBud gurunya bu Erni. Wahiiii........ baru pertama kalinya diajar bu Erni, tapi seru lho! Emang gak sebanyak tawa pas sama bu Dewi di IPA (bu Dewi emang galak pas ngajar, tapi begitu masuk sesi T&J tuh asik banget lho), tapi waktu sama bu Erni dijelaskan lagi dari awal, yang namanya 'seni' itu apa. Ternyata seni bukanlah sebuah karya; seni bukanlah estetika; seni bukanlah hal indah yang dapat dinikmati manusia; tapi seni memiliki arti umum. Seni adalah Indah.

Indah bukannya anak IX C?

Oke lupakan yang satu itu, aku lagi ngaco -_- Intinya, seni adalah indah. Indah bisa bermacam-macam. Bahkan bu Erni ngasih contoh: kita bangun tidur di pagi hari itu indah. Kenapa indah? Diberi satu kesempatan lagi menikmati hidup. Kita pergi ke sekolah itu indah. Kenapa indah? Karena kita memilih untuk menunaikan kewajiban daripada main. DeeLeL. Lanjut ke TIK. Waktu TIK tuh asli beungeut* lah! Masa gara-gara ada yang bilang disuruh ke lab komputer (di sekolah ada tiga lab: lab komputer, lab bahasa, sama lab IPA) kita semua jadi ke lab komputer, padahal ternyata tuh NGGAK tau! Merry sama Vunni yang dikasih tugas buat kami semua, nanya, "Disuruh siapa ke lab?" Ternyata banyak yang jawab disuruh bu Diah. Aduh ibuuuuuuuuuu x_x

Tapi dari itu semua, yang paling membahagiakan adalah pengumuman bahwa: hari Kamis sampai Selasa itu libur! HOREEEEE.............!!!! Masuk lagi hari Rabu jam delapan. Yay yay yay! Biasalah karena mau puasa, jadi libur pas awal-awalnya. Wahooo.... Salah satu yang aku suka dari puasa ya itu, libur sekolahnya :') (percaya atau nggak, hal lain yang aku suka dari puasa tuh sesi siang alias nahan laparnya, aku bukan orang yang segitu menanti-nantikan lebarannya. Aneh ya?) Intinya aku sekarang ini pengangguran *joget*

Selamat menunaikan ibadah puasa 1433 Hijriyah, mohon maaf lahir dan batin :')

*beungeut (dibaca benget): bahasa Sunda yang harafiahnya berarti muka/wajah, tapi suka dipakai untuk mengganti frase "malu", "memalukan", "malu-maluin".

No comments:

Post a Comment