Friday 14 December 2012

Backpacking ke Malaysia, Butuh Passport + Visa?

Tadi aku ngecek statistik audience dan ternyata ada dua orang dari Malaysia yang singgah ke blog-ku. Uwuwuwuwu thank youuuuu.......... Selama ini belum pernah ada dari negara tetangga yang mampir, yang terdekat adalah dari Jepang dan aku yakin dia kesasar ke sini. Yaah, oke, orang-orang Malaysia ini juga mungkin kesasar sih, tapi yang pasti belum pernah ada yang main-main ke sini. Malaysia, Australia dan Singapore. Jadi semacam seneng gitu deh :D

BTW, lihat nama Malaysia, aku ingat cerita ibuku tempo hari. Jadi saat itu ibuku lagi ada di cabang Bank BJB di Simpang Dago. Nah, ada tiga anak cewek dari SMAN di Bandung (gak usah disebut nama sekolahnya ya :>) lagi di situ juga. Sebut aja cewek A, B, C (karena kebetulan emang gak tau namanya xD). Nah kira-kira gini percakapan mereka.

Cewek A: Eh, nanti mah ya, aku habis lulus SMA mau jadi backpacker lho!
Cewek B: Ai kamu, gak akan kuliah?
Cewek A: Nggak ah, da aku mah udah ada perjanjian sama ibu aku, nanti begitu lulus aku mau langsung backpacking ke Malaysia. Penginapannya di sana kan murah-murah, ada yang lima puluh ribu-seratus ribu
Cewek C: Gak takut sendirian?
Cewek A: Nggak! Tapi pasti rame kalau sama kalian. Ikut yuk?
Bapak-bapak yang Baca Koran: Passport-nya gimana, Neng?*
Cewek A: *mengabaikan bapak itu dan bicara pada teman-temannya seolah menjawab bapak tadi* Iiih, nggak ai kamu, kalau ke Malaysia mah deket jadi gak usah pake passport!
Cewek C: Oh yaudah kalau gitu mah mending ke New York atau Paris aja, kan di sana si "eta" sama si "eta" lahir (wah, yakin mbak? Ada tampang bulenya gak tuh?)
Cewek B: *beranjak mendekati teller bank* Mbak, kok saya gak dipanggil-panggil?
Teller Bank: Tunggu sebentar lagi ya mbak.
Cewek B: *balik lagi* Huh, emang ini mah bank kecil jadi pelayanannya lama (yaeyalah mbaaaaak lha wong teller cuma ada satu yang ngantri banyak, mana ada yang lagi ngurus pajak, lagi! Jelas aja lama)
Cewek A: Ya pokoknya mah aku sama ibu aku udah bikin perjanjian, nanti bakal disiapin uang Rp7.000.000,00 buat aku backpacking (hello? Rp7.000.000,00 doang? Tau Rupiah Indonesia teh nilainya di mata dunia kecil, udah gitu masih modal minta ke ortu sok-sokan mau backpacking. Duuuuh mbak ini kok kayaknya menggampangkan banget ya?)
*Akhirnya si Cewek B dipanggil dan meninggalkan bank. Ada satu hal yang bikin ngakak, udahlah mereka tuh ngomongnya sotoy banget, ngejelek-jelekin bank, duit yang diambil cuma Rp50.000,00 pula! Haiyaaaaah kenapa gak ke ATM aja sih? Kan gak terlalu malu-maluin tuh kalau ngomong gituan. Ngakak!*

*Untuk kalian yang kiranya gak tau, ada perjanjian antara negara ASEAN yaitu kalau satu negara ASEAN mau berkunjung ke negara ASEAN yang lain, tidak membutuhkan Visa, tapi passport tetap dibutuhkan

No comments:

Post a Comment