Sunday 10 February 2013

Judgemental Cunts.

Kamu tahu, saat kamu berpapasan dengan seseorang
Dan kamu berpikir, "Dia orang aneh"
Kemudian kamu berpapasan dengan orang lainnya
Dan kamu berpikir, "Pasti anak nakal"
Dan orang lainnya...
"Sok kenal banget"
Kemudian orang lainnya...
"Lebay banget"
Dan yang lainnya...
"Murahan."

Dan kamu tahu, saat kamu berpapasan dengan orang pertama
Ia berpikir atas kamu, "Terlalu yakin pada diri sendiri"
Dan kamu berpapasan dengan orang kedua
Ia berpikir, "Tipe orang penjilat"
Dan orang ketiga berpikir, "Judes banget"
Orang keempat berpikir, "Apa yang salah denganku?"
Kemudian orang kelima berpikir, "Munafik."

Apa yang salah dengan kita?
Apa yang salah denganmu?
Apa yang salah dengan mereka?
Apa yang salah denganku?

Aku punya teman
Dia tinggi
Bermata sipit
Dan berkulit gelap
Tapi ia menolak kupanggil "Sipit"
Kamu tahu kenapa?
Karena ia merasa itu rasis
Sementara aku memanggilnya begitu
Karena ia unik
Karena matanya unik
Karena ia berbeda
Tapi gara-gara penghakiman masyarakat
Atas orang-orang yang berbeda dengan mereka
Ia tidak percaya aku memaksudkan itu
Sebagai pujian

Aku adalah aku
Dia adalah dia
Kalian adalah kalian
Kita semua berbeda
Tapi masyarakat ingin sama
Maka dari itu,
 mereka membuat cetakan
Cetakan itu mereka gunakan,
 untuk mencetak kepribadian
Kepribadian dari anak-anak
Dan remaja
Agar sesuai dengan keinginan mereka

Maafkan aku, kalau aku menolak masuk ke dalam cetakan itu
Aku menolak menjadi sama, aku menolak menjadi salah satunya
Tuhan menciptakanku berbeda, Ia menciptakanku dengan gaya tersendiri

Aku akan menciptakan cetakanku sendiri
Yang akan kugunakan HANYA untuk diriku sendiri
Dan nanti, bila aku akhirnya memiliki anakku sendiri
Mereka akan kubebaskan dalam mencari jati diri

Aku ingin berbeda, aku menolak sama
Maafkan aku, kalau aku tidak peduli apa yang kalian pikirkan
Tentang aku, tentang cetakanku, dan pemberontakanku
Sampai ada yang membuktikan padaku bahwa pada dasarnya
Manusia harus sama dengan manusia lain, tanpa ada keunikan masing-masing
Diam-diam
Tanpa kukatakan
Dalam hati
Aku masih menganggap kalian dan penghakiman kalian

Salah.

No comments:

Post a Comment