Saturday 21 September 2013

Random Capruk

Baiklah ocehan kedua malam ini. Sekarang gue lagi muter mesin cuci (baca: lagi nyuci) dan mumpung gue bukan mencuci dengan tangan maka sambil nunggu mesinnya berenti gue punya waktu senggang. Gue mau capruk dulu ya (kapan sih gue gak capruk).

Jadi gue kan tadi lagi siap-siap mau nyuci, nah ember buat ngangkut airnya ada di kamar mandi, dipake nenek gue nampung air (nggak jelas juga apa maksudnya nampung air padahal air di bak tumpah ruah; au ah nenek gue emang ajaib). Pas gue tarik embernya, gue ngeliat "sampah" bekas mandi tiap orang. Nggak, sampahnya bukan sampah yang bau atau gimana, tapi indeed bikin gue meringis ngeri. Sampahnya itu sampah bekas keramas. Bukan sampah sachet juga; di sini nggak ada yang pake shampoo sachet. Lebih tepatnya rambut rontok...

Iya, kamar mandi rumah gue emang sejorok itu. Tapi jangan bilang lo nggak punya spot jorok di rumah lo -_- senggaknya ini rambut doang. Eh ya ngeliatnya emang ngeri sih. Intinya biasanya dulu gue sama ibu gue suka ngebuang 'sampah' macam ginian, tapi berhubung akhir-akhir ini nenek rada tambah nyebelin, ibu gue semacam mogok gitu. Bukan, bukan mangkir dari tanggung jawab. Gue nyuci malem ini juga bukan karena ibu gue mangkir dari tanggung jawab, tapi karena ibu gue lagi sibuk nyari duit dan malem ini ibu gue lagi ngebahas kerjaan baru yang dikasih sama salah satu perusahaan nomor telepon (operator) di Indonesia. FYI, ibu gue adalah supervisor marketing research lepas/freelancer. Jadi ya urusannya marketing, meski ibu gue bukan orang yang jualannya tapi ngewawancarain penggunanya. Eh kenapa malah jadi ibu gue. Oh ya ngejelasin bahwa ibu gue bukannya mangkir dari tanggung jawab. Oke sip. Ya pokoknya intinya karena ibu gue mogok melakukan little things that does matter semacam ngebuangin sampah itu tadi (sebenernya ngebuang sampah itu job kakak gue tapi sudahlah) akhirnya rambut-rambut rontok itu bergabung membentuk sebuah... em... gumpalan hitam mengerikan. Gue nggak tahan juga ngeliatnya (selama ini gue ikutan mogok, hehehe) dan akhirnya ngambil kantong plastik gitu. Kantong plastik itu gue balik, dan gue masukin tangan gue ke dalemnya. Jadi pas gue ambil sampahnya tinggal gue balikin plastiknya dengan sampah dalam genggaman jadi deh sampahnya masuk kantong sampah. Pinter yak?

Tapi dalam praktiknya gue sama sekali nggak pinter.

Eh, yah, pinter sih. Cuma gue berisik. Gue emang terkenal berisik dan hobi ngoceh. Ya gitudeh. Jadi selama ngebuang, dari ngulurin tangan sampe ngiket plastik, gue sibuk ngomong, "Astaga. Ih ya ampun. Ya ampun. Ihhh. Iket, iket. Buruan iket. Astagfirullah. Sabun mana astaga. Ih amit-amit. Oh ya, dobel. Dobel. Lapisin plastik lagi. Iket. Nah. Sabun sabun. Sabun yang bersih (emang ada ya sabun yang kotor). Cuci yang bersih. Nah, aman."

Beres deh.

Oh ya hari ini juga gue sempet didatengin cacing super mungil. Intinya gue lagi ngelakuin sesuatu terus tiba-tiba, PLOK!, sebuah garis nggak lebih dari setengah senti nemplok di atas lengan gue. Tepatnya samping pergelangan. Mata gue udah membulat dan mulut gue kebuka, apalagi waktu "garis" itu semacam gerak. Tapi gue adalah anak ibu gue dan ibu gue selalu bilang untuk nggak panik (iya, gue panikan anaknya) jadi gue nyamber hal paling deket sama gue; air. Terus gue basuh tangan gue. Dua kali. Udah tuh garis hilang, baru gue panik (iya, tadi paniknya dipending dulu). Gue bernapas pendek-pendek, dan berhubung lagi pilek udah kayak orang asma bengek aja. Beberapa detik kemudian gue merinding, terus sibuk ngibas-ngibasin lengan sambil berseru, "IIIIIIIHHHH."

Bukan telmi. Dipending.

Akhirnya gue pun mencuci lengan gue, pake sabun plus sarung tangan mandi (ceritanya biar beneran bersih) dan merelakan tato Avicii gue ikut hilang terbasuh sabun (iya, gue lagi hobi ngegambarin tato lambangnya Avicii di lengan gue). Eh taunya tatonya nggak hilang beneran, cuma pudar dikit. Yay!

Oh ya pinggang gue juga sakit banget hasil ngangkut ember buat nyuci. Seandainya beneran ada mesin cuci yang bisa ngisi sendiri airnya tapi dengan harga di bawah Rp5000,00 gue pasti beli deh. Tadi gue ngangkut empat ember. Bukannya empat ember beda-beda gue isi air terus gue angkut gitu sih, kurang kerjaan banget -_- maksudnya empat kali satu ember itu. Dan tiap kali ngangkut isi airnya pasti 2 x 8 gayung (gue tiap ngisi ember biar cepet pake dua gayung, masing-masing tangan satu--apa gunanya coba punya dua gayung kalau gak dimanfaatin?). Jadi 2 x 8 x 4. Segitulah volume air yang gue angkut (ya bukan volume dalam kubik sih tapi who cares gue anak Bahasa dan Budaya bukan anak Matematika dan IPA :v).

Apa ini gue jadi curhat.

Eh ya emang nggak ada kerjaan lain sih selain curhat apa yang mau diomongin coba.

Oh iyaaaaa.

Kelas X bisa jadi pertama kalinya gue bener-bener sibuk dalam satu minggu. SD gue nggak pernah ngambil ekskul apapun, kalaupun ngambil seinget gue nggak bertahan lebih dari satu bulan. SMP gue sempet jadi ketua Mading sih, tapi cuma itu doang ekskul yang gue ambil, dan paling waktu kelas IX gue bimbel tiap hari Rabu-Sabtu. Intinya gue bukan orang yang mau ngambil kegiatan banyak-banyak. Gue lebih suka nyante di rumah kalau nggak dengerin musik sambil baca ya dengerin musik sambil tidur atau dengerin musik sambil nonton (lhoh). Tapi gue sekarang malah ngambil empat ekskul coba.

Nggak kurang gila apa.

Pertama, gue ngambil ekskul Japanese Club dan English Club yang kumpulnya sekali seminggu. Kedua, gue ngambil ekskul Padus, sekali seminggu juga. Alasan gue masuk Padus bisa dibilang nggak relevan banget coba. Cuma gara-gara waktu demo ekskul awal Agustus gue maju ke depan buat nyanyi (lagunya 2Chainz, bikin gue sampe sekarang dikenal sebagai "Si Rapper) dan setelah itu diajakin masuk padus sama anggotanya, beberapa dengan muka memohon (kok gue bisa sih satu waktu nggak tegaan abis waktu lainnya gue nggak peduli ada orang sekarat berdarah-darah di depan gue). Motif gue maju ke depan dan nyanyi juga absurd banget, cuma karena diiming-imingi coklat Cadburry. Kurang geblek apa gue. Ya tapi waktu latihan pertama ternyata asyik juga sih, makanya gue memutuskan untuk lanjut. Betenya Padus bagi gue adalah berhubung kumpulnya setelah cowok-cowok Jumatan, dari bubar sekolah sampe kumpul gue kudu nunggu senggaknya satu jam. Satu jam bengong. Iya, bengong. Soalnya kalau gue ngelakuin hal lain semacam baca buku atau nulis cerita pasti bakal makan waktu lebih dari satu jam dan gue paling nggak suka lagi ngelakuin sesuatu terus dipotong sebelum selesai atau, minimal, sampe inspirasi gue habis. Bete abis. Ya tapi selain itu asyik jugalah jadi bisa dimaafkan (?).

Yang paling baru dan belum terlaksana tapi pasti bakal gue lakuin adalah ikutan PA alias Pecinta Alam, kumpulnya dua kali seminggu. Gue nggak cinta alam; gue emang bete ngeliat orang buang sampah anorganik di tempat organik (asli orang-orang itu tuh bego banget, apalagi kalau alasannya cuma, "Kan sama-sama tempat sampah") tapi gue nggak pernah tuh yang namanya nanem taneman biar lingkungan lebih hijau lebih asri blablabla. Intinya gue nggak ngerasa gue itu pecinta alam, tapi gue ikutan PA. Salah jurusan banget gak sih? Dan itu gara-gara gue baca buku De Journal karya Naneng Setiasih yang ditulis berdasarkan pengalaman dia lima belas tahun backpacking. Cewek. Sendirian. Pake motor trail.

Gokil abis.

Selain itu, Naneng Setiasih diberkahi dengan punya kulit gelap dan berhubung dia suka backpacking dia jadi banyak ketemu cowok-cowok bule nan ganteng. Dan berkat kulit gelapnya itu dia banyak dikecengin, digodain, sampe yang serius tertarik sama dia. ASTAGA GUE MATI IRI.

Dan basic Naneng Setiasih adalah PA. Dan gue sebenernya punya keinginan terpendam untuk backpacking. Ibu gue juga, cuma ibu gue, sebagai marketing researcher, udah sering diminta pergi keluar kota bahkan provinsi karena tugas. Jadi ibu gue, yang cita-citanya adalah keliling Indonesia pake motor, bisa dibilang sambil kerja sambil main sambil mengejar cita-cita. Cieh. Dan gue paling bangga sama ibu gue karena ibu gue bukanlah tipe ibu-ibu yang suka ngegosip terus ngedempul muka (meski gue hobi dandan, hehehe) dan sibuk ngurusin urusan orang lain serta manja alias dikit-dikit minta tolong sama orang lain. Noooo. Ibu gue amat mandiri. Kelebihan sekaligus kekurangan ibu gue di mata gue adalah ibu gue suka terlalu baik. Tapi kalau ibu gue cuma 'baik' atau lebih parah lagi, 'kurang baik' kayaknya gue udah berakhir somewhere unknown deh berhubung tingkah gue kadang amat tidak tertahankan, jadi ya gue gak komplen deh, hehehe. Balik lagi. Ibu gue adalah wanita menakjubkan yang mandiri dan pernah ke Bengkulu (BENGKULU LHOH YA) naik motor. Job apa waktu itu gue lupa, yang pasti sejak kembali dari sana she's never the same.

Nggak, bukannya ibu gue mendadak jadi mistis atau gimana, tapi lututnya cedera. Gituloh. Nggak sama lagi, kan? Omong-omong kalau waktu gue ngetik frasa Inggrisnya itu salah sori yap. Gue juga ngerasa ada yang salah tapi berhubung teler flu nggak ngeh di mana salahnya. Hueheheheh.

Selain lutut cedera, pergelangan kaki juga, gitu, kalau gak salah. Pokoknya kaki ibu gue ancur deh. Ehh yaa nggak ancur juga sih, cuma maksudnya mulai nggak bener lah. Dan ibu gue tuh badass banget. Kostumnya sehari-hari adalah kerudung + kaos + jaket + jins + safety shoes. Tau safety shoes gak? Itu tuh sepatu yang ada pelindung besinya, jadi kalau buat rider (iyaaa emak gue rider, kurang kece apa cobaaa <3) atau petualang macemnya om-tante gue pas di jalan raya nggak perlu takut kakinya kelindes mobil, yang ada tuh mobil kayak ngelewatin polisi tidur, hehehe. Dan safety shoes ibu gue warnanya hitam polos. Pernah dikomentarin sama caleg yang minta tolong salah satu bos ibu gue (iya, salah satu. Kan freelancer; nggak tetap, jadi bosnya juga banyak, tapi seringnya sih itu lagi itu lagi senggaknya dua-tiga orang) untuk... ngapain yak gue lupa. Pokoknya ibu-ibu caleg itu ngomentarin bahwa penampilan ibu gue itu nggak banget dan harusnya berpenampilan lebih "perempuan" (kayak dia kali ya maksudnya. Dih mitamit gue ngebayangin ibu gue tiba-tiba suatu hari keluar kamar dengan wajah putih didempul bibir merah bergincu dan alis digambar jadi bentuk mengerikan astaga jangan kejadian). Ya tapi pokoknya gue bangga ibu gue nggak berpenampilan kayak ibu-ibu lainnya meski ibu gue juga pake kerudung. Yang bikin gue sebel adalah ibu gue berkulit kecoklatan saudara-saudara </3 tapi itu karena terbakar matahari sih, dan itulah salah satu alasan kenapa gue masuk PA, yaitu biar kulit gue juga jadi kecoklatan terbakar matahari alias tan <3

Gue mungkin satu banding delapan ratus cewek Indonesia yang pengin punya kulit gelap. Gue suka kulit gelap; eksotis. Dan pengin berkulit putih itu mainstream, apalagi gue sebenernya udah putih. Hhh. Manusia menginginkan hal yang tidak mereka miliki, ya gak?

Alasan lain adalah cowok bule suka cewek berkulit gelap.

WAAAAAAAAHHH KETAUAN YAAAA DILLA YAAAAAAA TERNYATA NGINCERNYA YANG BEGITUAN YAAAAA PADAHAL KATANYA NGGAK MINAT PACARAN APA MAU LANGSUNG DIKAWININ GITU YAAAA MAKANYA KULIT MAU DI-TAN DULUUUUU NAH YAAAAAAA MODUSNYA KETAUAAAAANNN.

Diem ah, gue malu. (-//_//-)

Jadi ya intinya kenapa gue masuk PA adalah: gue pengin backpacking kayak Naneng Setiasih, Trinity, dan/atau ibu gue. Gue pengin kulit gue tan. Dan gue pengin kulit tan gue semacam menarik cowok bule buat suka sama gue.

Gue juga nggak ngerti ketertarikan gue sama bule itu kenapa. Mungkin karena gue nganggep orang bule itu lebih kece dari orang Indonesia... ini juga alasannya absurd banget. Apa mungkin gara-gara Matteo? Yah gak tau juga sih. Yang pasti gue nggak begitu sering membayangkan jalan sama orang Indonesia (dan hal-hal lainnya. Uhuk), seringnya sama cowok bule. Entah orangnya beneran ada atau khayalan gue. Baik itu orang celebrity crush gue atau bule papasan di jalan yang--ahem--ganteng/seksi abis atau tokoh novel yang gue baca (yang, rata-rata, terjemahan). Intinya gue lebih suka cowok bule dan lebih suka membayangkan cowok bule.

Hei, gini-gini gue juga cewek. Remaja. If you know what I mean.

Cuma dua cowok non-bule (yang, omong-omong, biasanya digunakan untuk menyebut orang Kaukasia) yang gue suka, dan dua-duanya adalah tokoh novel. Yang satu adalah Minho-nya James Dashner di The Maze Runner (bukan, bukan Minho personel boyband K-pop) dan yang satu lagi adalah Alagan Dhiren Rajaram-nya Colleen Houck di Tiger Saga.

DHIREEEEEEENNN. <3

Menurut gue Dhiren itu seksi sekali saudara-saudara. Seorang pangeran India yang dikutuk selama tiga ratus tahun untuk jadi harimau dan cuma punya waktu dua puluh empat menit tiap dua puluh empat jam untuk jadi manusia. Astagaaaahhh. Sebagai orang India dengan ibu seorang Asia Dhiren punya mata biru (yang sejujurnya masih rada ambigu apakah itu salah satu efek kutukan atau emang dari sononya gitu, soalnya adiknya Dhiren, Kishan, matanya kuning dan jadi harimau hitam--Dhiren putih), kulit keemasan (atau, dalam deskripsi buku, perunggu), badan tegap, dan... dan... ah sudahlah aku meleleh.

INTINYA ALAGAN DHIREN RAJARAM ITU SEKSI.

Dan gue nemu foto fancast Dhiren; nggak tau itu orang India apa bukan, nggak tau juga namanya siapa. Pokoknya... astagaaaaaaa.....

Kamulah makhluk Tuhan, yang tercipta, yang paling seksi~
Asli gak tahan. *mimisan*

Baiklah jadi gue lemah pada dua: cowok bule dan cowok berkulit gelap. Tapi gak sembarangan cowok berkulit gelap, deng. Biasanya yang berkulit gelapnya karena TERBAKAR MATAHARI, misalnya temen gue Mudita yang anak paskibra. Uwow seksinya gak nahan (?). Warna kulitnya sih, bukan orangnya. *kemudian gue ditimpuk*

Oh ya omong-omong gue lagi menantang maut nih. Ceilah. Nggak deng, nggak gitu-gitu amet, cuma gue lagi minum susu yang mulai basi. Bukannya karena udah lewat tanggal, tapi karena gue buka kemarin dan nggak gue masukin kulkas lagi :v dari baunya sih belum asem-asem amat, jadi kayaknya aman-aman aja deh gue abisin setengah dus itu. Eh tapi kan gue lagi pilek, jadi bisa aja yang keendus sama gue cuma sepersekian baunya. Tapi di lidah gue juga nggak asem-asem amat kok, jadi aman kan? Iyain aja deh biar cepet.

Nah karena biasanya orang minum susu untuk meredakan keracunan, kalau gue keracunan sama susu gue minum apa?

No comments:

Post a Comment