Saturday 31 August 2013

Cewek Cantik

Aku bener-bener bosen dan muak sama orang-orang yang bilang, "Semua cewek itu cantik kok. Every girl is beautiful in her own way."

Because baby, I'm not.

Dan ada juga beberapa gadis yang memang tidak cantik. Tidak secara fisik. Dan kalau kalian bilang kalian tidak menilai seseorang pertama kali dari penampilan fisiknya, berarti kalian munafik dan silakan membusuk di neraka. Aku bener-bener muak. Muak banget. Sekali waktu lo bakal bilang bahwa semua cewek cantik dan seminggu kemudian lo bakal macarin cewek tercantik di sekolah lo. Apa yang terjadi pada "semua cewek itu cantik"? Karena setelahnya lo akan membandingkan cewek-cewek lain dan akhirnya menyadari bahwa nggak semua cewek itu cantik. Itu juga kalau lo nggak muna.

Lo tau kenapa cewek nggak pernah - atau senggaknya jarang - percaya waktu ada yang nyebut dia cantik? Karena frasa cantik itu sendiri absurd dan sudah terlalu sering dilontarkan oleh masyarakat. Bahkan meskipun "cantik" bagi setiap orang itu berbeda-beda, tetep aja ada kualifikasi tertentu sebelum lo bener-bener diakui cantik sama masyarakat. Kalau ada yang cantik, pasti bakalan ada yang jelek. Dan di sini gue bakal omongin fisik. Hati yang busuk. Hah. Emang hati seseorang ngejeplak gitu di mukanya? "Woy gue cantik tapi hati gue kagak lho". Gitu? Yang bener aja.

Biar tambah jelas, gue kasih contoh. Dua cewek berdiri berdampingan. Yang satu langsing - kalau nggak kurus - dengan baju yang melekat pas di badan, cukup untuk menegaskan bahwa baju itu memang dibuat khusus untuk dia. Biar adil, dia nggak pake make up. Tapi kulitnya mulus, putih atau kuning langsat. Dan di sebelahnya adalah cewek yang pake baju seadanya, overweight, dan kulitnya nggak semulus cewek pertama. Lo kasih tau gue, cewek mana yang bakal lo anggap "cantik"?

Kalau lo sama sekali mengabaikan cewek kedua nan malang itu, gue nggak bakalan nyalahin lo. Gue bakal nyalahin lo kalau lo tetep keukeuh nyebut bahwa semua cewek itu cantik karena nggak SEMUA cewek itu CANTIK. Dan lo nggak butuh sampah macam itu untuk berusaha menyanjung seorang cewek karena sanjungan itu BASI BANGET TAU. Dan semua orang juga udah tau kalau nggak SEMUA CEWEK ITU CANTIK. Kalau semua cewek itu cantik kenapa ada cewek yang bisa gonta-ganti pacar sementara cewek lain belum pernah pacaran sama sekali - meski dia pengin punya pacar? Kenapa ada cewek yang bisa memancing tatapan kagum dari orang waktu dia lewat sementara cewek lain keberadaannya sama sekali nggak keliatan? Kenapa? Karena nggak semua cewek itu cantik. Ada cewek cantik, cewek biasa-biasa aja, dan cewek jelek. Dan kalau lo masih bersikeras bahwa semua cewek itu cantik, gue nggak bakal kuat lagi dan gue bakal nangis. Karena seumur hidup gue banyak orang yang manggil gue "cantik" tapi tatapan dan perilaku mereka menunjukkan sebaliknya. Cewek yang beneran cantik dan bukan murahan akan mendapat respek dan orang-orang bakal menatap kagum ke dia. Sementara selama ini gue seringnya dijauhi karena mulut gue dan, ya, penampilan gue. Tapi mereka bersikeras nyebut gue cantik. Tapi mereka cuma ngomong dan ngomong. Mereka nggak pernah bener-bener berusaha gue merasa bahwa gue cantik, dan begitu pula jutaan gadis bertampang biasa hingga jelek lainnya yang selalu dicekoki kata-kata "kamu cantik kok" dan diikuti "semua cewek itu cantik" tanpa pernah benar-benar diyakinkan bahwa mereka cantik. Sejujurnya, itu sakit. Asli sakit banget. Karena justru makin jelas bahwa sebenernya kita tuh nggak cantik. Orang ngomong gitu karena merasa wajib dan bersimpati. Tapi meski mereka bilang bahwa kita cantik dalam hati mereka nggak bener-bener berpikir dan merasa bahwa kita cantik. Dan gue menemukan fakta ini teramat sangat menyakitkan. Ngapain lo nyebut gue cantik, tapi nggak bener-bener nganggap gue cantik? Udah muna, buang tenaga lagi. Nggak penting banget kan.

Jadi please, sekali lagi, nggak semua cewek itu cantik, dan gue sejujurnya bakal lebih menghargai lo kalau lo mau mengatakan yang sejujurnya tentang penampilan cewek itu YANG NGGAK CANTIK tapi tanpa bikin sakit hati. Atau senggaknya kalau lo masih mau nyebut semua cewek itu cantik, cukup bilang, "Kamu cantik kok." Gak usah pake nambahin, "Semua cewek kan cantik". PLEASE PLEASE PLEASE. Karena tambahan terakhir itulah yang paling menyakitkan. Mengetahui orang nyebut gue cantik cuma gara-gara opini absurd nan sesat itu. Senggaknya kalau lo nyebut gue cantik tanpa tambahan itu, lo udah bisa bikin gue merasa lebih istimewa. Semua cewek itu cantik sama aja nyamain semuanya. Jadi nggak ada yang istimewa kan? Jadi ngapain lo ngomong? Bullshit tau gak.

Duh please deh gue jadi curhat gak jelas gini.

No comments:

Post a Comment